Untuk melakukan perintah masukan, kita akan menggunakan 3 (tiga) cara, yaitu InputStream, BufferedInputStream dan Scanner.
InputStream
InputStream adalah subclass Object, yang menjadi landasan untuk class-class yang biasa digunakan untuk membaca data dan menampilkan kelayar. Untuk penggunaan InputStream ini, harus menyertakan package java.io.
Berikut penggunaan InputStream, untuk masukan data dari keyboard.
import java.io.*;
class Lat203
{
public static void main(String[] args)
{
String kata = "";
boolean akhir = false;
int huruf;
System.out.print("Masukkan Kata - Kata Anda : ");
while(!akhir)
{
try
{
huruf = System.in.read();
if(huruf < -1 || huruf == '\n')
akhir = true;
kata = kata + (char) huruf;
}
catch (IOException e)
{
System.err.println("Mengalami Salah?");
akhir = true;
}
}
System.out.println("Kalimat yang anda ketikan = " + kata);
}
}
Penjelasan Program :
- Perintah baris 6 : import java.io.*; Digunakan untuk menyertakan package java.io.
- Perintah baris 18 sampai 34, akan mengulan terus sampai selesai pengetikan dan menekan tombol enter. Semua karakter yang diketikan dibaca oleh System.in.read(), kemudian disimpan didalam variabel huruf. Semua karakter yang diketikan disimpan kembali di dalam variabel kata, sehingga menjadi dalam bentuk string.
- Apabila ada kesalahan pengetikan, maka kesalahan tersebut dilempar ke IOException, kemudian Standar error akan bekerja sehingga proses dihentikan.
- Setelah selesai pengetikan, menjalankan perintah pada baris 33, selanjutnya menampilkan karakter-karakter yang diketikan dalam bentuk string.
InputStreamReader dan BufferedReader
InputStreamReader digunakan membaca arus byte stream dan mengkonversi byte-byte ke dalam nilai-nilai bilangan bulat yang merepresentasikan karakter-karakter Unicode. Kelas BufferedReader membaca masukan Stream karakter dan penyangga tersebut untuk efisiensi. Pada penggunaannya harus mempunyai Reader Object untuk membuat versi buffered.
Berikut konstrutor yang digunakan untuk membuat BufferedReader.
- BufferedReader(Reader) digunakan untuk membuat penyangga karakter stream yang berhubungan dengan Reader Objek yang ditetapkan.
- BufferedReader (Reader, int) digunakan untuk membuat penyangga karakter stream yang berhubungan dengan Reader Objek yang ditetapkan dan dengan penyangga ukuran integer.
metoda readLine (), digunakan untuk kembalikan String objek yang berisi next line dari teks pada stream, tidak termasuk karakter atau karakter-karakter yang merepresentasikan end-of-line. Jika akhir stream dicapai, maka nilai string yang ingin dikembalikan bernilai dengan null. end-of-line ditandai dengan beberapa pernyataan berikut :
- newline karakter (‘\n')
- carriage return character (‘\r')
- carriage return character yang diikuti oleh satu newline (“\n\r”)
/*------------------------------------------------------------
Nama file : Menghitung Nilai
Author : Hasto S
------------------------------------------------------------*/
import java.io.*;
class menghitung_nilai
{
public static void main(String args[]) throws Exception
{
// membuat objek baru
InputStreamReader keyreader = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader input = new BufferedReader (keyreader);
//deklarasi objek nama
String nama, var1, var2, var3;
double nil1, nil2, nil3, UTS, UAS, Tugas, Akhir;
System.out.print ("\n=========================================");
System.out.print ("\nMasukan Nama Siswa : ");
nama = input.readLine();
System.out.print ("=========================================");
System.out.print ("\n\nMasukan Nilai UTS : ");
var1 = input.readLine();
System.out.print ("Masukan Nilai UAS : ");
var2 = input.readLine();
System.out.print ("Masukan Tugas Mandiri : ");
var3 = input.readLine();
System.out.print ("\n=========================================");
//Konversi
nil1 = Double.parseDouble(var1);
nil2 = Double.parseDouble(var2);
nil3 = Double.parseDouble(var3);
UTS = 0.35 * nil1;
UAS = 0.45 * nil2;
Tugas = 0.2 * nil3;
System.out.println ("\nNilai Murni yang diperoleh : ");
System.out.print ("=========================================");
System.out.println ("\n\nNilai Murni UTS : " +UTS);
System.out.println ("Nilai Murni UAS : " +UAS);
System.out.println ("Nilai Murni Tugas : " +Tugas);
System.out.print ("\n=========================================");
Akhir = (UTS + UAS + Tugas);
System.out.println ("\nNilai Akhir yang diperoleh yaitu : "+Akhir);
System.out.print ("=========================================");
}
}
Penjelasan Program :
- import java.io.*; Digunakan untuk menyertakan package java.io.
- perintah throws Exception yang digunakan untuk melempar jika terjadi kesalah-kesalahan, maka Excetion akan bekerja dengan sendirinya.
- InputStreamReader keyreader = new InputStreamReader(System.in); dan BufferedReader input = new BufferedReader (keyreader); mendeklarasikan InputStreamReader dan BufferedReader membuat objek baru.
- System.out.print ("\nMasukan Nama Siswa : ");
nama = input.readLine();
System.out.print ("=========================================");
System.out.print ("\n\nMasukan Nilai UTS : ");
var1 = input.readLine();
System.out.print ("Masukan Nilai UAS : ");
var2 = input.readLine();
System.out.print ("Masukan Tugas Mandiri : ");
var3 = input.readLine();
System.out.print ("\n=========================================");
, menginput string.
- Akhir = (UTS + UAS + Tugas); proses nilai
- System.out.println ("\nNilai Akhir yang diperoleh yaitu : "+Akhir); menampilkan hasil input data string.
Scanner
- readInt() untuk membaca nilai integer
- readDouble() untuk membaca nilai double.
- readFloat() untuk membaca nilai float.
/*---------------------------------------------------
Nama Files : Menghitung Nilai Scanner
Author : Hasto S
---------------------------------------------------*/
import java.util.Scanner;
class hitung_nilai
{
public static void main (String args [])
{
//Membuat Objek baru
Scanner input = new Scanner (System.in);
//Deklarasi Variabel
String nama;
double nil1, nil2, nil3, UTS, UAS, Tugas, Akhir;
System.out.print ( "\n==========================================");
System.out.print ( "\nMasukan Nama Siswa\t: ");
nama = input.nextLine();
System.out.print ( "==========================================");
System.out.print ( "\n\nNilai UTS\t\t: ");
nil1 = input.nextDouble ();
System.out.print ( "Nilai UAS\t\t: ");
nil2 = input.nextDouble ();
System.out.print ( "Nilai Tugas Mandiri\t: ");
nil3 = input.nextDouble ();
System.out.print ( "\n==========================================");
UTS = 0.35 * nil1;
UAS = 0.45 * nil2;
Tugas = 0.2 * nil3;
System.out.println ("\nNilai Murni UTS\t\t: " +UTS);
System.out.println ("Nilai Murni UAS\t\t: " +UAS);
System.out.println ("Nilai Murni Tugas\t: " +Tugas);
Akhir = (UTS + UAS + Tugas);
System.out.print ( "\n==========================================");
System.out.println ("\nNilai Akhir Yang Diperoleh Yaitu : "+Akhir);
System.out.print ( "==========================================");
}
}
Penjelasan Program :
- import java.util.*; .Digunakan untuk menyertakan package java.util.
- Scanner input = new Scanner(System.in); membuat objek dengan standar masukan.
- System.out.print ( "\nMasukan Nama Siswa\t: ");
nama = input.nextLine();
System.out.print ( "==========================================");
System.out.print ( "\n\nNilai UTS\t\t: ");
nil1 = input.nextDouble ();
System.out.print ( "Nilai UAS\t\t: ");
nil2 = input.nextDouble ();
System.out.print ( "Nilai Tugas Mandiri\t: ");
nil3 = input.nextDouble ();
System.out.print ( "\n==========================================");
UTS = 0.35 * nil1;
UAS = 0.45 * nil2;
Tugas = 0.2 * nil3;
System.out.println ("\nNilai Murni UTS\t\t: " +UTS);
System.out.println ("Nilai Murni UAS\t\t: " +UAS);
System.out.println ("Nilai Murni Tugas\t: " +Tugas); menginput string, nilai integer dan double - Akhir = (UTS + UAS + Tugas); proses nilai
- System.out.println ("\nNilai Akhir Yang Diperoleh Yaitu : "+Akhir); menampilkan hasil input data string dan proses perhitungan.
Maka hasil pada saat dieksekusi, seperti dibawah ini :
Bos di up load dong listing aslinya
BalasHapuslumayan kalo bisa di download